Sistem Akuntansi Pembelian
Berdasarkan hasil pembahasan yang sudah disampaikan dan didukung oleh teori dari berbagai literatur yang telah penulis pelajari mengenai sistem akuntansi pembelian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Sistem pembelian membantu mengidentifikasi kebutuhan pembelian Persediaan fisik (mirip dengan bahan standar) dan menempatkan pesanan dari pemasok. Setelah diterima, sistem pembelian mencatat barang-barang seperti penambahan persediaan dan menghasilkan hutang yang harus dibayar pada waktu yang sudah dijadwalkan.
2. Terdapat beberapa fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi pembelian yaitu fungsi pergudangan, fungsi pengadaan, fungsi penerimaan barang, dan fungsi akuntansi.
3. Jaringan untuk menentukan sistem akuntansi pembelian yang merupakan prosedur permintaan pembelian, prosedur penyelidikan dan pemilihan pemasok fungsi, prosedur pesanan pembelian, prosedur penerimaan, prosedur cara pencatatan utang, dan prosedur pengadaan dan distribusi.
4. Informasi yang diperlukan dalam manajemen adalah tambahan kuantitas dan harga pokok persediaan dan pembelian, reorder point atau persediaan yang mencapai titik pemesanan, pembelian yang telah dipenuhi pemasok, pembelian yang telah dikirim pemasok, saldo utang dagang keseluruhan pada tanggal tertentu, saldo utang dagang pada pemasok tertentu.
5. Dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian meliputi surat permintaan pembelian,surat purchase order sop, tanda terima barang Ipb, surat modifikasi pesanan, dan bukti pencairan.
6. Catatan akuntansi yang digunakan pada pencatatan transaksi pembelian yaitu, register bukti kas keluar , jurnal pembelian, kartu utang, dan kartu persediaan.
7. Unsur-unsur pengendalian internal akuntansi yang berlaku pada Sistem Informasi Akuntansi Pembelian diantaranya :
a. Sistem struktur organisasi dimana transformasi pembelian terpisah dari transformasi penerimaan dan transformasi accounting, lalu pada saat negosiasi pembelian dilakukan oleh seluruh transformasi yang terkait.
b. Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan dimana surat pembelian, surat pesanan pembelian, bukti penerimaan barang dan bukti pembayaran, telah disetujui.
c. Cara praktik sehat dimana surat pembelian dengan nomor urut tercetak, pemasok dipilih berdasarkan jawaban terhadap penawaran harga yang bersaing, barang yang diterima diperiksa oleh gudang, dan terdapat pemeriksa harga yang dilakukan oleh pihak akuntansi dan keuangan, lalu dokumen bukti pembayaran tunainya ditandatangani oleh pihak pemasok.
8. Terdapat beberapa bagan alir dokumen sistem akuntansi pembelian dalam lingkungan pengolahan data elektronik, diantaranya bagian Gudang, bagian penerimaan, bagian utang, bagian kartu persediaan, bagian pembelian,dan operator komputer.
Komentar
Posting Komentar